Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 13 Agustus 2012

5 Langkah Sederhana Cegah TBC

5 langkah sederhana cegah tbc

Tuberculosis atau TBC merupakan salah satu infeksi pada paru-paru yang kronik. Infeksi ini disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis yang sangat berbahaya dan mudah menular. Penyakit TBC adalah salah satu penyakit yang sangat diperhatikan jumlah insidensinya oleh pemerintah RI dan WHO karena tingkat kematian dan penyebaran yang tinggi di Negara berkembang.

Walaupun TBC bisa diobati menggunakan terapi kombinasi antibiotik dalam jangka waktu tertentu, namun sebenarnya untuk mencegah penularan dari TBC bisa dilakukan dengan hal sederhana sebagai berikut:

Menutup mulut dan hidung saat batuk

Sebenarnya kebiasaan menutup mulut dan hidung saat batuk merupakan suatu etika kesopanan. Namun lebih daripada itu, menutup kebiasaan ini dapat mencegah penularan TBC karena sebagian besar kuman TBC disebarkan melalui droplet udara yang keluar saat batuk.

Meludah pada tempatnya

Meludah disembarang tempat adalah perbuatan yang tidak sopan dan jorok. Selain itu, meludah disembarang tempat bisa memicu penyebaran TBC karena bakteri dalam ludah bisa berterbangan terbawa angin.

Stop Merokok

Merokok menyebabkan penurunan kekebalan saluran pernafasan kita. Sehingga jika ada kuman TBC yang terhirup tidak bisa di bunuh oleh kekebalan tubuh.

Membuka jendela di siang hari

Membuka jendela di siang hari membuat cahaya matahari bisa masuk dan udara bisa bersirkulasi, hal ini membuat kondisi ruangan tidak lembab dan gelap karena ruangan yang gelap dan lembab membuat kuman TBC bertahan lama hidup di udara.

Makan-makanan bergizi

Makan yang bergizi membuat tubuh kita mempunyai daya tahan yang baik untuk menangkal kuman TB yang masuk.

Pola hidup sehat dan bersih merupakan cara terbaik untuk mencegah penularan TBC di lingkungan kita. Ingat! Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar